indrakarlesa

Perang Tarif Operator Selular

In Serba-serbi on 22 January, 2008 at 2:54 pm

Setelah Telkomsel meluncurkan tarif Rp. 0,5/detik untuk SimPati PEDE nya, maka operator XL Bebas mengikuti dengan memberikan promosi tarif Rp. 0,1/detik. Tak mau kalah dengan kedua operator yang lebih dahulu “perang tarif” maka indosat melalui produk Mentari-nya melakukan gebrakan dengan memberikan tarif gratis untuk 1 (satu) menit pertama telpon sesama Mentari.

Memperhatikan fenomena “perang tarif” tersebut, sebagai konsumen entah itu yang menggunakan XL, Simpati atau Mentari akan happy-happy saja. Itu namanya persaingan dagang dalam merebut dan mempertahankan “pasar”. Siapa yang memberikan tawaran murah dengan kualitas yang baik atau lebih, dialah yang akan memenangkan persaingan.

Tapi kenapa untuk produk SMS, tidak ada perang tarif ya? padahal disinyalir tarif SMS yang dipatok seharga RP.350,- di Indonesia terbilang cukup mahal.  Jadi kapan ada “terobosan maut” untuk perang tarif sms antar operator? semoga tarif SMS juga bisa lebih murah di Indonesia…..

  1. Mungkin perubahan tarif sms akan berubah setelah perang tarif bertelepon sudah mentok untuk di utak atik lagi krn sudah mencapai margin minimum. Sebentar lagi tarif interkoneksi antar selular akan menjadi jargon untuk diperangkan lagi, baru kemudian berperang dalam sms. Ini hanya prediksi saja

  2. yup…denger2x sih bajak turun 40%, tp ditunggu aja realisasinya ya…semoga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: