indrakarlesa

Penjual Kue Pancong

In Profesi on 16 November, 2007 at 9:18 am

Pagi tadi ketika saya keluar dari Jl.Penjompongan, disamping kantor BPK, perhatian saya langsung tertuju pada seorang pedagang kue pancong dipinggir jalan. Saya menepi dan kemudian memesan 1 bungkus kue pancong (berisi 5 pasang kue) yang masih diatas tungku pembakaran.
Sambil menunggu kue matang saya melihat cara kerja penjual kue pancong tersebut. Ya, kue pancong sejenis kue pukis yang terbuat dari adonan tepung terigu, parutan kelapa dan ditaburi gula pasir diatasnya telah menggugah saya untuk coba mencicipinya. Ingat waktu kecil saat saya di SD banyak sekali ditemui penjual kue pancong disekolah-sekolah, tapi kini keberadaan kue tersebut terpinggirkan dengan ‘kue-kue modern’. ‘Kue Pancong’ boleh dibilang ‘kue kampungan’ tapi yang pasti proses pembuataannya natural, tidak perlu bahan pengawet dan segala macam bahan kimia yg banyak dipakai oleh kue/makanan sekarang ini. Tak lebih dari 5 menit pesanan kue pancong saya selesai, saya membayarnya seharga Rp.2.500,- per bungkus. Sedikit kaget karena kalo saya ke mall atau cake shop mungkin tidak akan ditemui kue seharga Rp.2.500,- per bungkus saat ini, mungkin bisa 10x lipat harganya. Namun rasanya ‘kue kampungan’ tsb tidakk kalah lezat dengan kue modern, apalagi bila dimakan saat masih panas. Pagi-pagi sarapan kue pancong dan teh manis hangat..wueeenak tenan, siapa yg ingin mencoba?

  1. Kue pancong.. Termasuk kue tradisional yg sy suka.. Klo sy beli kue ini, mintanya yg agak2 gosong.. hi3x.. Dan makannya ngga cukup satu baris aja.. Tp spt biasa, klo abis makan kue ini, punya kebiasaan asam lambung langsung meningkat, krn bahannya terbuat dari ketan, dan santan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: