indrakarlesa

Ojek Motor

In Profesi on 31 October, 2007 at 11:05 am

Mendengar kata Ojek Motor kita terbayang dengan sekumpulan motor yang sedang ‘nangkring’ didepan sebuah gang atau jalan. Biasanya kumpulan ojek motor ini memiliki ‘rumah’ yang dijadikan ‘markas besar’ nya untuk ngumpul yang terbuat dari tenda semi permanen atau bahkan hanya beratap pepohonan.

Jasa Ojek Motor di Jakarta sangat mudah kita temui hampir disebagian besar wilayah, dari pemukiman kumuh hingga kompleks perumahan elit, bahkan ada juga yang mangkal disisi bangunan atau gedung pencakar langit. Satu ‘pleton’ Ojek Motor bisa beranggotan 5-10 orang bahkan lebih, bahkan jam kerja mereka ada yang sampai ’24 Hours’ tentunya dengan sistem bergantian yang diatur bergilir oleh sesama mereka.

Profesi sebagai Ojek Motor di Jakarta merupakan suatu pilihan hidup yang mereka harus lakoni dikota metropolitan Jakarta. Dengan tingkat persaingan yang begitu tinggi untuk mendapatkan pekerjaan di sektor formal, serta tingginya kebutuhan hidup di Jakarta membuat sebagian orang memilih profesi Ojek Motor sebagai suatu pilihan hidup. Profesi Ojek Motor ini pun ada yang dilakoni sebagai pekerjaan tetap (full time) atau pekerjaan sambilan (part time). Biasanya mereka yang melakoni sebagai pekerjaan tetap mangkal dari pagi hingga malam hari, sedangkan yang melakoni sebagai pekerjaan sambilan biasa mangkal disesuaikan dengan waktu luang yang ada. 

Pendapatan seorang Pengojek Motor di Jakarta memang cukup lumayan, dengan jarak tempuh < 1 km, mereka rata-rata memasang tarif ojek motor minimum Rp. 5.000.- sekali jalan,  sedangkan tarif maksimal biasanya Rp. 30.000,- tergantung jauh dekatnya jarak yang ditempuh. Ojek Motor di Jakarta pun terasa tak mau kalah dengan profesi lainnya dalam mencari ‘order’ atau ‘pesanan’. Untuk kemudahan komunikasi dan mendapat ‘order’ lebih banyak diantara mereka bahkan melengkapinya dengan sarana berupa Hand Phone (HP). Bagi mereka HP dapat mempermudah komunikasi antar pelanggan, apalagi bila ‘sang pengojek’ memiliki pelanggan tetap yang rutin membutuhkan jasa antar jemput dengan motor, tentunya fungsi HP ini sangat membantu pekerjaannya.

Seorang pengojek motor di Jakarta yang memilih profesi Ojek Motor sebagai pekerjaan tetap, biasanya memperoleh penghasilan bersih sehari sekitar Rp.30.000 s/d Rp. 50.000,- bahkan terkadang bisa mencapai Rp.100.000,- tergantung kondisi dan cuaca.  Penghasilan paling minim yang didapat  bilamana turun hujan, sedangkan bila jalanan di Jakarta macet, justru Ojek Motor mendapat rezeki lebih.  Adapun pengojek motor yang bekerja sambilan dapat memperoleh penghasilan bersih sekitar Rp. 10.000 s/d Rp. 30.000,-. Bagi mereka yang penting Halal memperoleh rezeki, toh banyak diantara mereka yang bekerja sambilan sebagai Ojek Motor, memiliki profesi tetap sebagai Pegawai Negeri, Karyawan Bank, Satpam, Guru, Dosen, dan sebagainya. Rata-rata dari mereka berkomentar ‘daripada bengong dirumah, mending nongkrong yang menghasilkan uang, biar sedikit tapi halal’. hehehe….bener juga ya ! Ada yang berminat jadi Ojek Motor ? Modal nya cuma satu Motor, tapi jangan asal motor yang murahan (niru iklan nya sebuah merk motor di TV) takut repot sendiri nantinya, pas lagi bawa penumpang…justru motornya malah ngadat, mogok atau bermasalah….ujung-ujung malah ga’ dapat duit deh..

c u next time….

bravo 

  1. Ya ampun…segitunya dah kerja dikonsultan, masih minat jadi ojek mas??🙂 ngejar setoran mau umroh mas…hahahaha (just kiding bro..)

  2. Bang..Bang.. Tarif Tebet-Manggala brapaan yak? Klo hujan, bisa basah ngga? Oops! Sorry.. Sy pikir anda tukang ojek.. Ngga taunya temen kantor tho..

  3. halah…bilang aja mau ikut nebeng gratis…hehehe :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: